Rabu, 15 April 2009

Makanan-Makanan Enak di Jogja

Referensi Makanan Paling Ma'nyus di Jogja


Sate Sapi Lapangan Karang Kotagede

Sate daging sapi dengan lontong sayur sambel di Lapangan Karang Kotagede setiap malam selalu ramai pembeli. Uniknya, pembeli menikmati sate sapi duduk lesehan sebagaimana kemah menggunakan tenda.


Gudeg Permata

Gudeg Permata dengan sambel krecek dan ayam Jawa sangat dikenal masyarakat. Namanya Gudeg Permata karena tempat jualan ala lesehan tersebut berada di sisi barat gedung film Permata di Jalan Gajah Mada Yogyakarta.


Warung Bakso dan Es Sido Semi

Warung ini berdiri sejak tahun 1950. Warung milik Dalijan Mulyo Hartono ini semakin berkembang hingga sekarang. Setiap Lebaran banyak pemudik yang jajan karena ingin menikmati hidangan bakso dan aneka minuman meliputi es buah, kacang ijo. Lokasi di Jl. Watu Cantheng 2 Kotagede, sebelah selatan Makam Panembahan Senopati Kotagede.


Warung Bakmi Jawa Mbah Nen

Terletak di Jl. Menukan, melayani menu spesial meliputi bakmi Jawa godhog, goreng, nasi goreng, cap cay Jawa. Buka setiap hari mulai pukul 16:00 - 02:00 WIB.


Bakmi Mbah Mo

Penggemar bakmi datang di warung Mbah Mo bukan sekedar menikmati hidangan bakmi, namun dapat menemukan suasana pedesaan. Lokasi terletak di Desa Manding Jl. Bantul Km.9, arah selatan kota Yogyakarta.


Warung Wedang ‘Nganggo Suwe’

Terletak di Giwangan Jl. Pramuka Yogya, menyediakan minuman spesial teh, susu jahe, kopi jahe dan nasi bakar dengan lauk aneka gorengan ayam, iso, babat, tahu, tempe dan sambel.


Angkring Pak Man

Menyediakan aneka makanan dan minuman selera angkringan. Menu spesial pelbagai macam gorengan dan nasi kucing lauk rambak, sate usus, ceker dan kepala ayam. Angkringan Pak Man di Jl. Wongsodirjan Yogya.


Soto Pak Sholeh

Warung Soto Pak Sholeh mempunyai cita rasa khas dengan lauk babat, iso sapi. Lokasi di Jl. Wiratama Tegalrejo. Mempunyai cabang di Magelang, Jl. Wates, Jl. Solo, depan Monjali, depan Kolam Renang Umbangtirto Kridosono Yogyakarta.


Warung Sate Klathak

Sate kambing klathak di tengah Pasar Jejeran Wonokromo Pleret sangat dikenal warga Yogya dan luar kota. Uniknya, sate klathak daging empuk, pembeli duduk lesehan di los pasar Jejeran.


Warung Sate Pak Amat

Pembeli dapat menikmati sate Pak Amat sambil menikmati suasana malam. Lokasi di sebelah utara Alun-alun Utara Yogya.


Mangut Welut Godean

Mangut welut dinikmati dengan sayur gudeg daun singkong, sambel krecek. Lokasi depan regol Pasar Godean Sleman, sekitar 10 km dari arah barat kota Yogya.


Warung Ijo

Menu brongkos dengan rasa khas. Lokasi di Pasar Tempel, bawah jembatan Kali Krasak Jl. Yogya-Magelang.


Sega Abang Semanu

Ketika rekreasi ke Gunungkidul, rasanya belum lengkap bila tak mampir menikmati hidangan sega abang duduk lesehan. Lokasi di Jl. Wonosari - Semanu Gunungkidul.


Warung Gule Daging Sapi ‘Mbah Darmo’

Warung gule dan brongkos daging sapi masakan ala pelawak Benny Kuncung alias ‘mbah Darmo’ rasanya lezat dan empuk. Selain itu, melayani kupat tahu, soto kwali. Lokasi di Jl. Bantul, selatan perempatan Pojok Beteng Yogyakarta.


Ikan Laut Jogja Fish Market & Resto Giwangan

Aneka menu ikan laut masakan spesial Jogja Fish Market & Resto di Giwangan Jl. Tegalturi Yogyakarta. Pengunjung selain bisa menikmati masakan ikan laut di ruangan ber-AC, juga bisa membeli pelbagai ikan laut segar untuk oleh-oleh.


Lotek dan Gado-gado Teteg

Lotek dan gado-gado Teteg bumbu sangat terasa dan lezat. Lokasi 100 meter timur teteg kereta api Lempuyangan.


Gudeg Pawon

Gudeg Pawon rasanya gurih dengan menggunakan bumbu alami. Alamat di Jl. Janturan Umbulharjo Yogya.


Jamu Ginggang

Melayani aneka macam jamu tradisional meliputi beras kencur, galian singset. Lokasi di Jl. Masjid, sebelah barat Puro Pakualaman Yogyakarta.


Brongkos Alkid

Warungnya sederhana namun selalu ramai pembeli. Lokasi sebelah utara Plengkung Gading atau selatan Alun-alun Kidul Yogya.


Yangko Pak Prapto Giwangan

Yangko Pak Prapto di Giwangan Jl. Pramuka Yogya menyediakan aneka yangko rasa coklat, nangka, durian, kacang. Setiap Lebaran selalu ramai pembeli.


Bakmi Pele

Penggemar bakmi tentu kurang lengkap bila belum menikmati hidangan bakmi Pele dengan masakan bakmi Jawa. Lokasi di pojok timur Alun-alun Utara Yogya.


Kipo Kotagede

Kipo salah satu makanan khas Kotagede menggunakan bahan ketan, kelapa, gula dan daun pandan untuk pewarna alami. Bisa dibeli di Jalan Mondorakan Kotagede.


Kupat Tahu Pak Budi

Menu kupat tahu dengan minuman es campur, es dawet, es degan. Lokasi perempatan Jl. Kusumanegara sebelah selatan pabrik susu SGM.


Soto Sulung Pak Malik

Warung soto sulung Pak Malik berdiri sejak tahun 1968 mempunyai rasa khas dijajakan kelilingan, dikenal masyarakat. Namun mulai tahun 1970 menetap di kios kompleks Stasiun Tugu Yogya.


Jadah Mbah Carik

Bila rekreasi ke Kaliurang bisa membeli jadah, tempe. Lokasi di pertigaan menuju obyek wisata Kaliurang dan di samping Tlogo Putri Kaliurang.


Soto Sawah Soragan

Soto ayam kampung dengan lauk berbagai macam. Lokasi dekat lintasan kereta api di Jl. Soragan Bantul, sekitar 700 meter arah selatan Mirota Kampus Jl. Godean Yogya.


Mangut Lele Jetis Bantul

Hidangan mangut lele di Jetis Jl. Imogiri Bantul cukup dikenal masyarakat. Wajar setiap Lebaran banyak pemudik bersama keluarga santai menikmati menu mangut lele yang rasanya lezat dan empuk.


sumber: KR, 30 Sep 2008

2 komentar:

  1. Bisa di coba... thx Hq

    BalasHapus
  2. Kupat Tahu Mbak Tatik Asli Magelang
    Kami berada persis dibawah ringin Sambilegi Maguwoharjo
    Hanya 7 menit dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta
    http://kupatmbaktatik.blogspot.com/

    BalasHapus